Jumat, 21 Januari 2011

Sus Klasik Vla Custard

Kalau ini bentuk bulat klasik :)
Nah ini yang bentuk Eclair, vla di semprot di dalam dan di atas sus, lalu di beri taburan keju cheddar parut..:)

Sus Vla Custard

Sus..kue kesukaan keluarga di rumah, kalo makan ngga cukup satu hehe..:)
Bikin sus ini dengan dua bentuk, yg satu bulat klasik, yg satu eclair keju, ada di foto yg sebelum ini..
Resepnya udah pernah sy posting di album yg lama, tp saya tulis lg disini ya..

Untuk kulit sus tetap menggunakan resep dari Sedap KreatifPastry..untuk Vlanya sy modif sendiri dg menggunakan tepung custard..jd rasanya makin enak deh..
Yang mau nyobain bikin..ini resepnya yaa..^_^

KULIT SUS
Bahan :

250 ml air
1/2 sdt garam
125 gr margarin
150 gr tepung terigu ( cakra kembar/segitiga jg bisa )
4 butir telur ( ukuran sedang )

Cara Membuat:

* rebus air, garam, dan margarin sampai mendidih.
* Masukkan tepung terigu, aduk sampai kalis, angkat dr api, dinginkan.
* Tambahkan telur satu persatu sambil di aduk/di kocok
* Semprotkan adonan di loyang yg telah di oles tipis margarin, oven 25 menit dg api bawah 200 derajat celcius.

Bahan Vla Custard :

500 cc susu cair
100 gr gula ( manisnya selera saja )
50 gr tepung custard, cairkan dg sedikit air matang
1/8 sdt garam
2 kuning telur kocok lepas
1 sdt pasta vanila
1 sdm butter

Cara Membuat :

* rebus susu, gula, custard, garam, sambil diaduk aduk, lalu masukkan kuning telur sambil diaduk2 hingga meletup2, tambahkan pasta vanila, aduk rata, angkat dr api.
* Tambahkan butter, aduk rata sampai agak hangat
* Isikan ke kulit sus lalu sajikan

Tips :
1. Hindari mengoles margarin terlalu banyak di atas loyang, sus akan bergeser geser sehingga saling menempel
2. Setelah diangkat aduk vla sus sampai agak dingin, maka vla akan mengkilat.
3. Pastikan campuran tepung sudah dingin/ agak hangat sebelum dicampur dg telur
4. Jangan mencetak sus terlalu banyak dalam loyang, karena sus akan mengembang sampai 3x bentuk asal, dan pastikan suhu oven benar2 panas..

Happy Baking..^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar