Jumat, 21 Januari 2011

Ajang Let's Baking Together di FB

Sekilas tentang LBT.. Lets Baking Together , tercipta saat kami berempat lg ngobrol..yaitu saya (Mojokerto), Mba Vivi Nowotny ( Austria ), Mba Diah Raki ( Thailand ) dan Ricke Bunda Nadhifa Indriani ( Serang )..ini ajang berkumpul buat teman2 yang ingin belajar dan share tentang dunia perbakingan hehe..
Alhamdulillah yg ikut banyak sekali, kami ngga menyangka antusiasme temen2 FB segitu besarnya.
Ditambah dg hasil kreasi Banana Cake yg merupakan tantangan LBT # 1 ini betul2 kreatif dan bagus2 semuanya..
nah di bawah adalah hasil setoran 1 saya di LBT kali ini..


LBT # 1 Banana Cake

Alhamdulillah bisa nyelesaiin juga tantangan LBT# 1 kali ini...
padahal bikinnya pas BC di kumpulkan pd tanggal 11 januari kemaren, asli sempet takut juga , kl gagal dan lain sebagainya.... Tapi alhamdulillah jadi juga Banana Cake yg pertama saya buat..^^

Balik lagi ke Banana Cake..
BC ini adalah hasil dr gogling..dan pas baca komentar yg pada nyobain cake ini yaitu..Best Banana Cake Ever I made... bikin saya jd kepincut, dan akhirnya pilihan jatuh ke resep ini hehe...
Selain bikinnya gampang bgt tinggal campur dan mixer dan ternyata enak banget..ngga nyeretin dan moist karena ada tambahan buttermilk didalamnya..^_^
Resep asli ada di sini http://www.exclusivelyfood.com.au/2006/07/banana-cake-recipe.html

nah resep yang saya tulis ini udah sedikit saya modifikasi dan saya tulis dg bahasa ala saya ya hihihi...

Banana Cake With Chesse Frosting

Bahan :

125 Gr Butter
175 Gr Gula kastor
280 Gr pisang yg benar2 masak, haluskan beri 1 sdm air jeruk nipis
1 Sdt vanilla essence
2 Butir telur ukuran besar
100 Ml Buttermilk
225 Tepung self raising (Tepung serbaguna + 1/2 sdt BP, + 1 sdt soda kue )
50 gr almond slice, panggang lalu hancurkan kasar

Cara membuat :

* Panaskan oven 160 derajat C, olesi loyang persegi ukuran 20/22 dg margarin dan alasi dasarnya dg kertas roti, lalu olesi lg dg margarin tipis
* Letakkan butter, telur, gula, vanila, serta pisang yg sudah di haluskan dalam wadah, lalu mixer kecepatan tinggi, kurleb 5 menit, lalu masukkan buttermilk, aduk lalgi dg kecepatan rendah, masukkan tepung, aduk rata
* tambahkan almond slice , lalu tuang kedalam loyang, panggang hingga matang kurang lebih 50 - 60 menit..:)

Cara membuat Buttermilk :

250 ml susu cair, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis/lemon/cuka, aduk rata, lalu diamkan sampai menggumpal, siap di gunakan..:)

Untuk Chesse Frostingnya, saya pakai crem chesse gadungan, alias bikin dari keju cheddar..

Cara membuat Creme Chesse gadungan :
Bahan :

150 Gr keju Cheddar parut halus
100 Ml susu cair

Cara membuat:

Panaskan susu, masukkan keju parut, aduk sampai halus dan lembut, dinginkan.
+/- jadi 250 gr

Cara membuat Cream Cheese Frosting:

Bahan :
125 Ml Cream chesse gadungan
50 Gr butter atau kl ngga ada pk mentega putih
75 - 125 gr icing sugar
1 sdt air jeruk lemon

Cara membuat :

Mixer cream chesse, butter dan icing sugar sampai lembut dan mengembang, lalu tambahkan air jeruk lemon, kocok lagi sampai rata..siap di gunakan..:)

Happy Baking All..^_^
Salam LBT..:)

1 komentar:

  1. Mbak Dida mau tanya donk...
    gimana cara gabung dengan LBT?
    Pengen banget belajar di LBT..
    Thanks before mbak...
    Haniek-Banyuwangi

    BalasHapus