Sabtu, 22 Januari 2011

Bolu Kukus Ketan Hitam

Sudah lama banget pengen bikin bolu kukus ataupun kue yang memakai tepung ketan hitam. Cuma di kota Mojokerto susah sekali ngedapetin tepungnya, alhasil baru kali ini kesampaian bikin setelah Hubby ada acara di Batu dan dibawain oleh2 tepung ketan hitam plus Mr Edo tentunya dari Mamah tercinta..:)

Kembali ke Bolu ketan hitam ..hehe...
Resep yang saya coba berikut dari web NCC, jadi sudah dipercaya kalau hasilnya akan memuaskan... Dan betul banget..Bolu ini legit, enak, empuk dan wangi...apalgi di padu dg keju dan coklat...hmmm..sepotong bener2 ngga cukup deh hehehe... Ada cerita lucu waktu Hubby dan anak2 nyobain..semua pada ngomong " Kok kuenya kaya' ketan hitam yah Mah.." heuheuheu...ya iyalah sayang..kan tepungnya pk tepung ketan hitam... hihihi...^_^
Dan karena dalam satu resep jadinya banyak, sebagian saya cetak dg loyang bakingpan ukuran 28, atasnya saya beri taburan keju parut dan strawberry sebagai garnis, ( eh..ngomong2 strawberrynya oleh2 dr Batu juga loh..jd kudu segera di berdayakan  ^_^ )



Nah dibawah ini saya tulis resep yg saya copas dr Web NCC...

Bolu kukus ini rasanya legit enak sekali. Enak dimakan saat hangat maupun dingin. Membuatnyapun mudah. Karena basic pembuatannya adalah sponge cake maka kunci utamanya adalah adonan gula dan telur harus kental, dan lakukan aduk balik saat bahan lain dimasukkan.


Bahan :
6 btr          Telur
200 gr        Gula Pasir
1 sdt          Cake Emulsifier
350 gr        Tepung Ketan
¼ sdt         Garam
150 ml        Minyak sayur
200 ml        Santan ( saya pakai santan Kara 200 ml, sy rebus dg garam dan daun pandan terlebih dahulu)  1/2  sdt vanili bubuk ( Tambahan dr saya )
1 Sachet susu kental manis warna putih ( Tambahan dr saya )

Cara membuat :
  1. Panaskan kukusan, saya menambahkan 4 lembar daun pandan dalam air kukusan, jd baunya wangi. Kocok telur, gula, dan cake emulsifier hingga kental dan putih.
  2. Masukkan tepung ketan hitam, vanili bubuk, susu kental manis, aduk rata. Tuang minyak dan santan, aduk rata.
  3. Masukkan adonan kedalam 2 buah loyang loaf ukuran 10x22x8cm yang telah dipoles mentega dan ditabur tepung tipis-tipis, hingga ¾ tinggi cetakan, kukus selama 40 menit atau hingga matang. Angkat.
  4. Saya menggunakan loyang tulban/bakingpan ukuran 28 dan sisanya dalam cup kertas .
Nah dibawah ini adalah Bolu Kukus dalam cup yang saya beri topping Milk Cooking Coklat dan sedikit sprikle warna..





Happy Steaming...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar