Senin, 24 Januari 2011

Martabak Brownies Mini


Martabak Brownies Mini

Aslinya masih penasaran dg hasil bikinan marbol tempo hari yang sarangnya cm sedikit. Jadinya pengen bikin lg, nah pas jemput Tata sekul, ngga sengaja lihat tabloid koki, dan ada resep Martabak Brownies, beli deh krn penasaran.

Kl resep dan tekstur ngga jauh beda dengan Martabak Bolu, bedanya cuma penambahan DCC ke dalam adonan.
Kali ini aq bikinnya di cetakan Snack Maker, dan juga di loyang besar... dan akhirnya bisa juga bikin Martabak alias Terang Bulan dengan banyak sarang..:D

Nah yg mau nyobain ini resepnya yah, aq copas drTabloid Koki :)

Bahan :

* 500 gr Tepung Terigu, protein sedang
* 2 Sdm coklat bubuk
* 1 Sdt Baking Powder
* 1 Sdm Ragi Instan
* 700 Ml Susu cair
*150 Gr Mentega
* 75 Gr Coklat masak pekat/DCC
* 5 Butir Telur ayam
* 75 Gr Gula Pasir ( Mending pk 100 Gr krn kurang manis )

Cara membuat :

* Ayak terigu, coklat bubuk, baking powder hingga rata, sisihkan.
* Campur ragi instan dg susu, ratakan, sisihkan
* Lelehkan mentega, masukkan DCC, aduk sampai coklat larut, sisihkan
* Kocok telur hingga mengembang, tambahkan campuran tepung perlahan bergantian dg susu, sambil diaduk hingga rata.
* Tuang campuran coklat perlahan, ratakan, dan diamkan adonan sampai 30 menit.
* Adonan siap dimasak
* Untuk 2000 ML

Cara Memasak :
* Panaskan cetakan, tuang adonan hingga 1/2 tinggi cetakan, tekan dg sendok sayur sampai memenuhi dinding cetakan. Panggang hingga berpori, taburi dg gula pasir
* Tutup cetakan, masak hingga matang, lalu angkat, olesi dg margarin, taburi dg keju parut dan dcc parut/ meses, coret dg susu kental manis.
* Sajikan

Catatan :

* Karena tidak ada Baking Sodanya dlm resep, maka aq tambahin sedikit baking soda dg sedikit air sewaktu akan menuang adonan ke dlm cetakan.
* Coklat masak pekat/DCC digunakan untuk pembuatan Martabak Brownis, sedangkan coklat putih/WCCmenjadikan nama kuenya menjadi Martabak Blondies.
* Bila ingin lembut, kurangi putih telur, ganti dg kuning telur
* Pastikan cetakan panas saat adonan dituang, cetakan yg tidak panas bisa menyebabkan adonan tidak berserat.
Sebaliknya jk cetakan terlalu panas kue akan berpori besar.

Happy Baking..^_^

2 komentar:

  1. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Artikel ini sangat bermanfaat.
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    BalasHapus