Selasa, 25 Januari 2011

Budhapest Cake

Budhapest Cake..cake ini sy bikin waktu milad..heuheuheu..suddenly thirty ceritanya..perasaan kemaren masih umur 20an ajah..eh sekarang udah kepala 3, plus anak tiga, hehehe..tp suami tetep satu dong..:D

Liat postingan cake ini dr Ricke Bunda Nadhifa Indriani, langsung kepincut pengen bikin, cm hasilnya kurang bgt kering atasnya..:( tp rasanya manteb banget..:)
Yang pengen coba, monggo, ini resepnya sy copy dr Bunda Ricke ya...ijin copas ya Bund..:)


Bahan :
6 putih telur
1/4 sdt garam (aslinya ga pake)
200 gram gula pasir (aslinya 250 gram)
3 sdm tepung custard
3 sdm almond bubuk (aslinya ga pake)
Almond slice secukupnya untuk taburan (mentah aja ntar juga matang saat dipanggang)
250 ml whipping cream cair (pilih yang plain aja soalnya cakenya udah manis)
1 kaleng kecil jeruk mandarin, tiriskan
Gula donat untuk dusting (optional)

Directions:
1. Panaskan oven 175'C. Siapkan loyang ukuran 30x30x3 cm (loyang bolu gulung), oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang dan berbusa, masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok sampai adonan putih telur mengembang dan kaku soft peak (terlihat mengkilat dan creamy).
3. Masukkan tepung custard dan almond bubuk. Kocok lagi dengan mixer kecepatan rendah sampai merata.
4. Tuang adonan ke loyang, ratakan permukaannya. Taburi almond slice.
5. Panggang dalam oven selama kurang lebih 20 menit, sampai permukaannya agak merekah dan kering.
6. Keluarkan dari oven, langsung balikkan di atas kertas roti baru, keluarkan dari loyang. Kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Dinginkan.
7. Kocok whipping cream sampai kaku dan siap oles. Belah dua cake sama besar. Oles salah satu bagian dengan whipped cream, tata jeruk mandarin kemudian tumpuk dengan cake lagi. Beri dusting gula donat jika suka. Simpan dalam kulkas (refrigator) sampai saat disajikan. Potong-potong.

Notes:
- Cake ini akan mengembang banget saat dipanggang, maklum kan dari putih telur. Tapi dia akan langsung turun ketika keluar dari oven. Don't panic! It's normal :)
Memang aslinya cakenya tipis aja soalnya biasanya budapest cake ini disajikan sebagai roll cake, jadi digulung gitu.
- Cake ini lembut banget dalamnya, tapi crunchy dan kering di bagian permukaannya. Tapi walaupun masuk kulkas cake ini ga berubah teksturnya, tetap lembut, empuk dan permukaannya pun tetap renyah ^_^
- Klo bisa mandarin orange-nya jangan diskip, soalnya memberikan sensasi segar untuk menyeimbangkan rasa manis dari cakenya. Klo mau ganti dengan buah lain misalnya kiwi atau strawberry. Tapi aslinya memang pake mandarin orange.

Happy Baking All..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar