Kamis, 17 Maret 2011

Lapis Terigu

Lapis Terigu

Kue kesukaanku neh..hehe...kl makan jadi inget ama mamah di Batu, miss you Mom..♥
Beliau sering banget di todong ama saudara kalau ada acara buat bikin kue ini, hihihi..penampakannya ngga beda dg kue lapis lainnya, cm ini lembut karena memakai tepung terigu dan hunkue. lembut banget enak dan ngga ngebosenin..dijamin bakal ketagihan hehehe....

Resepnya saya dapet dari Mamah, buat yg mau nyobain bikin, ini resepnya yaa..:)

Kue Lapis Terigu

Bahan :

250 Gr Terigu
100 gr / 1 bungkus tepung hunkue warna putih
250 gr gula pasir
500 CC santan kental
500 CC santan encer
Santannya dari satu butir kelapa, perasan pertama yg kental, perasan kedua encer..
1 Sdm coklat bubuk, larutkan dg sedikit air panas
vanili secukupnya
garam secukupnya
4 lembar daun pandan

Cara Membuat :

* Panaskan santan kental dg 2 lmr daun pandan dan 1/4 sdt garam, dinginkan
* Panaskan kukusan
* Olesi loyang persegi ukuran 20cm, atau 18cm kl ingin lapis lebih tinggi, olesi dg minyak tipis2 saja, lapisi dg plastik tahan panas, sisihkan.
* Panaskan santan santan encer dg 2 lmr daun pandan dan 1/4 sdt garam, sisihkan
* Campur dalam wadah, terigu yg sudah di ayak dg tepung hunkue, gula pasir, vanili, aduk rata, lalu tuang santan kental yg sudah dingin, aduk rata sampai halus dan tidak menggerindil
* Masukkan santan encer panas-panas sambil terus di aduk sampai rata
* Bagi 2 adonan, sebagian biarkan putih, sebagian lagi beri coklat bubuk, bila warnanya kurang coklat bisa ditambah sedikit pasta coklat.
* Masukkan loyang kedalam kukusan yg sudah panas, tuang adonan putih 2 sendok sayur, lalu kukus selama 5 menit, tuang lagi lagi adonan coklat 2 sendok sayur, begitu seterusnya, bila sudah habis lanjutkan mengukus selama 30 menit.
* Keluarkan dari dalam kukusan, biarkan sampai benar2 dingin, baru bisa dipotong.

Catatan :

* Potong kue ketika lapis sudah betul2 dingin
* Agar potongan rapi, bungkus pisau tajam dengan plastik.

Selamat Mencoba..and Happy Steaming ^_^

3 komentar:

  1. Kalo plastik untuk alasnya di ganti pake daun pisang, bisa gak ya, Mbak?

    BalasHapus
  2. loyangnya ukuran bro nih mb? bagusan mana pake tepung sagu ato hunkue yah?

    BalasHapus
  3. wow.. thanks atas sharingnya .sangat bermanfaat untuk sumber tulisan saya yang membahas tentang cara membuat kue lapis

    jangan lupa kunjungi website aku yah tutorial lengkap cara membuat segala jenis ku lapis dilengkapi dengan gambar dan juga video klik disini

    BalasHapus