Jumat, 25 Maret 2011

Chiffon Rainbow Cake


Chiffon again..:)
Maklum masih penasaran banget dengan cake yang satu ini, setelah tempo hari cakenya keluar dr loyangnya sendiri, kali ini ngga...tapiiiii....hiks... Waktu 45 menit saya cek di dlm oven senang banget lihat chiffonnya mengembang dg sempurna dan cantik..tp ngerasa ada yg aneh, suhu ovennya kok hangat, noleh deh lihat api...huaaaa...apinya ngga nyala, gasnya abissss....

Langsung deh buka oven, tes tusuk, masih basah tenyata..:( tutup oven langsung lari kebelakang, ngangkat tabung elpiji 12 kg ngga berasa berat hihihi.... Inilah kali pertama saya pasang tabung gas sendiri..:D
Selalu ada hikmah di balik kesusahan emang, biasanya sy ngga berani pasang tabung elpiji sendiri..takuuutt... Tapi krn ingat dg chiffon langsung deh ilang takutnya..:))...

Balik ke Chiffon..akhirnya lanjut pemanggangannya, tp krn oven sempet mati sekitar 15 menitan atau lebih, saya ngga berharap banyak... Jd pas di keluarin dr oven dia agak kisut dan keriput, pas ngebalikin juga kesenggol gelas...huaaa...lengkap sudah, jd agak penyok bagian atasnya,,:(  Tapi masalah rasa enyaaakkkk banget,  lembut membelai lidah, perpaduan coklat , pandan dan vanila sangat cocok sekali.... next mau bikin lagi yg pasti harus berhasil hehe...semoga..:)

Buat yang pengen nyicipi bikin, monggo, silahkan saya ambil resepnya dr NCC, so pasti enyaaakkk..:)


Chiffon Rainbow Cake
Penulis : Fatmah Bahalwan

Adonan Pasta
50 g            Gula pasir
20 g            Susu bubuk full cream
20 g            Tepung maizena
140 g          Tepung terigu
1 sdt           BPDA
100 ml         minyak sayur
100 ml         santan sedang
140 g           kuning telur ( Sekitar 9 butir kuning telur )

Adonan Putih Telur
300 ml         Putih telur ( Sekitar 9 putih telur )
150 g          Gula pasir
½ sdt          Garam halus
1 sdt           Cream of tartar (optional) ( Saya pake 1 sdt air jeruk nipis )

Rainbow:
½ sdt          pasta pandan
½ sdt          pasta strawberry ( Saya ga pake )
½ sdt          pasta cokelat

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 150 derajat Celsius.
  2. Adonan pasta:
    Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena , tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisk, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus.
  3. Adonan putih telur:
    Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar (jika pakai) hingga puncak tumpul (soft peak).
  4. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisk hingga rata.
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Campur 1 bagian adonan dengan pasta pandan, 1 bagian lain dengan pasta strawberry, dan 1 bagian lain dengan pasta coklat. Satu bagian lain biarkan putih bagian putih saya beri 1/2 sdt L Arome vanila susu jd enyaaaakkk..). Tuang kembali keempat adonan tersebut ke dalam satu mangkuk besar, tapi jangan diaduk.
  6. Tuang adonan 4 rasa tersebut ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apa-apa. Panggang kurang lebih 90 menit hingga kue matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
  7. Keluarkan kue. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga botol atau disangga kaki-kaki loyang. Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
  8. Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Juga di dasar kue.
  9. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas rak kawat atau langsung ke piring saji. Potong-potong menggunakan pisau gergaji. 
Happy Baking ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar