Selasa, 08 Maret 2011

Kare Ayam



Kare Ayam...

Lama juga ternyata ngga posting masakan heuheuheu...soalnya yang diposting kue melulu..:D
Abis masak ngga pernah sempet foto..langsung makan hehehe...

Nah..hari ini kebetulan saya masak Kare Ayam Kampung... dan kebetulan kare ayam yang saya posting ini resepnya sedikit berbeda dari yang pernah ada..
Resep asli saya dapet dari kakak saya , tapi kemudian saya modif sesuai selera sekeluarga...
Kebetulan yg saya bikin ini tidak pedas, karena yg ikut makan anak2 kecil hehe..kl pengen pedas bisa ditambahkan cabai rawit yah..:)

Bahan :

1 Ekor ayam kampung, potong menjadi 8 bagian atau sesuai selera
500 ml santan kental
500 ml santan kental (semuanya dari 1/2 butir kelapa parut )
4 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam
2 batang sereh, memarkan
Bawang goreng secukupnya

Bumbu Halus:

10 butir bawang merah ukuran sedang
8 siung bawang putih
2-3 cm kunyit
2-3 cm jahe
1/2 sdt jinten
1 sdt peres ketumbar
5 butir kemiri
2 lombok merah buang biji ukuran sedang

1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
secukupnya air
minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Cara Membuat :

* Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan daun jeruk yg sudah di sobek2dan di buang tulang daunnya, lalu sereh, dan daun salam sampai wangi
* Tambahkan gula dan garam, masukkan ayam kampung, aduk aduk sampai ayam berubah warna, tambahkan air ( saya biasanya menambahkan air dr chopper bekas menghaluskan bumbu, krn suka ada sisa bumbunya hehe ), tutup penggorangan, masak dg api kecil
* Lalu tambahkan santan encer, masak lagi, terakhir tambahkan santan kental dan kaldu bubuk, tes rasa..
*lanjutkan sampai ayam empuk..taburkan bawang goreng..:)

Sajikan dg sambal bajak atau sambal terasi..:)

Happy Cooking..^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar