Senin, 14 Januari 2013

LBT# 21 Blue Ombre Cake for 2nd Anniversary LBT

Blue Ombre Cake

Kenapa biru....karena saya sukaaa sekali warna biru hehehe..... dan juga specialnya ini pertama kali saya membuat Ombre Cake...for special day 2nd Anniversary LBT.... woooww...udah 2 tahun, ngga terasa banget yaa...semoga grup kita tercinta ini makin solid, makin membawa kebaikan buat semuanya serta makin kompak.....Aamiin...

Cake ini juga sempat booming....sebenarnya ngga berbeda jauh dari jenis2 cake lainnya, namun yang membedakan disini Obre Cake hanya terdiri dari satu warna dasar saja. Secara teminology arti dari ombre yang merupakan istilah dari bahasa perancis adalah bayangan...jadi Ombre Cake ini adalah cake yang layernya bergradasi warna dari gelap menuju ke terang atau muda..


Oh iya..untuk yang diatas sendiri itu saya menggunakan dummy ukuran D10 cm, serta hiasan bunga dari fondant....^^
Untuk resepnya saya menggunakan resep cake yang selalu menjadi andalan saya yaitu spongecake tipe All in one..resep asli dari Lapsur Ekonomis karya Ambarini yang sudah terkenal itu, namun saya modifikasi abis...berikut resepnya bila teman2 mau mencoba ya...:)

Ombre Cake
By Dida Rachmadiah

Bahan :

8 Butir telur
4 Kuning telur
180 Gr gula
200 Gr Terigu protein sedang
25 Gr Maizena
25 Gr Susu bubuk full cream
15 Gr Emulsifier
100cc Susu cair
1 sdt pasta vanila
225 Gr Butter/margarin atau mix keduanya

150 Gr Keju cheddar parut
whippingcream/ buttercream secukupnya
simple syrup secukupnya
pewarna makanan warna biru
5 buah loyang bulat D 22

Cara Membuat :

* Kocok telur dan gula sampai berbusa, masukkan emulsifier, kocok sampai sedikt mengembang, lalu masukkan tepung, maizena, susu bubuk, susu cair dan vanila.kocok semuanya dengan menggunakan kecepatan tinggi sampai mengembang dan kental

* Timbang adonan, bagi 5...lalu teteskan sedikit warna biru, aduk rata, masukkan di loyang sesuai berat yang sudah di bagi sebelumnya, lakukan terus sampai selesai dengan menambahkan pewarna semakin gelap..jadinya tidak menggunakan banyak tempat seperti kalau kita membuat rainbow cake...:)

* Panggang dg suhu 170 derajat C sampai matang.

* Penyelesaian, warna yang lebih gelap di taruh di bawah sendiri, basahi dengan simple syrup, poles dengan whippingcream, taburi dengan keju parut, lakukan sampai cake ke 5, lalu has sesuai selera..:)

Happy baking...^^

Gradasi warna buttercreamnya...saya menggunakan pewarna makanan Cross Sky Blue ^^
Warna adonan sebelum masuk oven....sengaja saya tidak banyak banyak menggunakan pewarna...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar