Kamis, 29 Desember 2011

Cassava Brownies

Akhirnya jadi n
juga nyobain Cassava Brownies resep Bunda Ricke ini, karena tepungnya juga baru dapet dari temen LBT Mba Fitri pas kopdar tempo hari hehehe...makasiih yaaa..:) Berikut penjelasan apa itu tepung Mocaf

MOCAF singkatan dari Modified Cassava Flour atau Modifikasi Tepung Ketela Pohon (http://kipti.blogspot.com/2010/03/produk-tepung-mocaf.html )
MOCAF adalah tepung yang dihasilkan dari singkong yang diproses dengan menggunakan enzim hasil fermentasi bakteri  asam laktat ( ragi ) yang mampu memecah sel tepung singkong sehingga tepung yang dihasilkan lebih halus, berwarna cerah dan tidak berbau singkong ( bau singkong diminimalisir hingga 70 % ) 
Tepung ini berbeda dengan tepung kanji  (tapioka starch ) atau tepung singkong biasa. Karakteristiknya mendekati tepung terigu. Namun tepung MOCAF ini tidak mengandung gluten. Bisa menggantikan bahan terigu 100 % atau dicampur pada kue, mie, gorengan, brownies atau kukis. Sedangkan untuk rerotian tepung ini tidak bisa digunakan 100 %, harus dicampur dengan tepung terigu.
Kue-kue berbahan baku MOCAF ini mempunyai ketahanan terhadap dehidrasi yang tinggi, sehingga mampu disimpan dalam 3-4 hari tanpa perubahan tekstur yang berarti.
Karena tepung MOCAF ini tidak mengandung gluten, aman di konsumsi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) karena tidak menyebabkan alergi yang terkadang muncul sebagai akibat mengonsumsi gluten. Gluten dapat menyebabkan penyakit intoleransi terhadap gluten (celiac disease). Namun perlu di perhatikan lebih lanjut apakah anak berkebutuhan khusus ini harus menjalani diet selain gluten seperti diet cokelat, diet cassein, dan lain-lain. ini saya ambil dari blog Mba Yunita disini

Kembali ke browniesnya yah...walaupun tepung mocaf berbau khas tp tidak mempengaruhi rasa loh, rasanya tetep enyaaakk dan sama dg yg menggunakan tepung terigu biasa..:)


Yang mau nyoain bikin juga..monggo yah...ini resepnya .
CASSAVA BROWNIES
By Ricke Indriani
Modified By Me

Bahan:
225 gram margarine
175 gram dark cooking chocolate
---> Lelehkan bersama, sisihkan

200 gram tepung MOCAF
50 gram coklat bubuk
25 gram susu bubuk full cream
½ sdt baking powder
1 sdt vanilla L Arome

4 butir telur ukuran sedang (jika besar pakai 3 butir saja)
250 gram gula pasir

Taburan:
Kacang-kacangan (mede, almond, kenari, dll), Chocolate chips sesuai selera atau choco bals

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 1 buah loyang persegi ukuran 24x24x4 cm atau 2 buah loyang ukuran 10x30x4 cm, olesi dengan margarine, alasi dengan kertas roti (lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm untuk mengeluarkan brownies dari loyang), olesi lagi dengan margarine. Sisihkan.
2. Ayak bahan kering: tepung MOCAF, coklat bubuk, susu bubuk, baking powder. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang) dengan menggunakan hand whisk atau mixer sebentar saja. Masukkan campuran dark chocolate dan margarine yang sudah dilelehkan dan vanilla. Aduk rata.
4. Masukkan bahan kering yang sudah diayak. Aduk rata cukup hingga bercampur rata saja. Jangan over mix.
5. Tuang ke loyang, taburi dengan bahan taburan sesuai selera. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing.
6. Keluarkan dari oven. Biarkan sebentar dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengankat kertas rotinya. Dinginkan dan potong-potong.

Note:
- Brownies ini termasuk fudgy brownies, yaitu brownies klasik yang dalamnya legit dan agak basah, tetapi bagian luarnya kering.
- Bisa juga ditambahkan umbi-umbian ke dalam adonannya, misalnya kentang, ubi jalar, ubi ungu, talas, labu kuning, dsb. Gunakan 100 gram umbi yang telah dikukus dan dihaluskan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar