Sabtu, 14 April 2012

Mini Fruit Pie

Habis bikin pesanan Fruit Cheese Cake, masih banyak sisa buah2annya.... jadi langsung terpikir untuk membuat Mini Fruit Pie ini.... untuk pie crusnya resepnya sudah pernah sy posting disini...

Namun saya tulis kembali disini yaaa...:)


Kali ini saya menggunakan Pie Crust dg resep dr Mba Yenny's Cake resepnya nyontek dari Mba Nina yang baik hati hehehe........

Bahan untuk Pie Crust....

500 Gr Tepung terigu serba guna
300 Gr Mentega / margarin
100 Gr Gula kastor
3 Kuning telur
1/2 sdt vanili

Cara Membuat :

*Campur Terigu, gula, mentega /margarin, vanili dalam wadah lalu aduk hingga berbutir2 menggunakan pastry blended / pisau pastry, kalau tidak ada bisa menggunakan 2 buah garpu atau 2 buah centong nasi .
*Tambahkan kuning telur, aduk hingga rata dan kalis.
* Bulatkan adonan, tutup dg plastik dan masukkan kedalam kulkas selama minimal 30 menit
* Oles loyang pie dg margarin tipis2,  lalu cetak adonan pie didalamnya, tusuk2 bagia bawah dg garpu agar tidak melembung saat dipanggang( Bisa juga dg menggunakan biji2an yg ditaruh diatas pie sebelumnya dialasin kertas dulu yah)
* Oven selama 180 derajat selama 20 menit atau tergantung dg masing2 oven yah...hingga matang,
* Angkat lalu biarkan sebentar di dalam loyang selama sekitar 10-15 menit baru lepaskan dr loyangnya....

Untuk Vlanya :

500 Ml Susu Segar
75 Gr Gula pasir
4 Kuning telur
40 Gr Tepung Custard
1 sdt Vanila susu
1 sdm mentega atau margarin

Cara membuat :
* Aduk custard dg sedikit susu sampai laruit lalu campur dg kuning telur aduk rata, sisihkan
* Masak susu, dan gula sampai agak mendidih, lalu masukkan campuran custard dan telur aduk cepat  agar tidak menggumpal,
* Masukkan vanila adukrata , kecilkan api aduk terus dg balon whisk sampai bener2 matang dan matikan api
* Masukkan 1 sdm margarin/mentega, aduk rata sampai agak hangat...:)

Sebelumnya oles dulu dasar pie dg coklat leleh sampai rata, lalu biarkan coklat mengeras, ini bertujuan agar pie crust tidak cepat melempem.
Setelah itu baru masukkan vla, agar rapi gunakan piping bag atau plastik segitiga, baru tata buah2an sesuai selera diatasnya..

Untuk efek mengkilap dan membuat buah terlihat cantik serta lebih awet bisa menggunakan larutan agar2 atau jelly bening yang plain.
Untuk bahan olesan biasanya sy menggunakan 1 sdt Jelly bubuk yang plain, 1 sdm gula dan 150 cc air, lalu didihkan....hilangkan uap airnya lalu siap digunakan sebagai olesan

Cobain yuk...yang pasti rasanya enaaak banget, ngga cukup makan sepotong hehehe....Happy Baking ..:)

9 komentar: