Kamis, 19 Januari 2012

Wedang Tape dan Manfaatnya

Wedang Tape
Terbuat dari tape singkong yang matang dan manis lalu di beri air panas, bisa di minum hangat ataupun dingin..:)
Saya sering sekali membuat wedang tape ini, terkadang membeli tape singkong untuk saya olah menjadi kue, namun jika malas melanda, si tape berubah menjadi wedang tape hehehe....


Dan ternyata Tape itu banyak manfaatnya..berikut saya ambil dari wikipedia tentang penjelasan Tape ini...

Manfaat Tape bagi kesehatan, menurut wikipedia yang saya kutip adalah:
“Fermentasi tape dapat meningkatkan kandungan Vitamin B1 (tiamina) hingga tiga kali lipat. Vitamin ini diperlukan oleh sistem saraf, sel otot, dan sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Karena mengandung berbagai macam bakteri “baik” yang aman dikonsumsi, tapai dapat digolongkan sebagai sumber probiotik bagi tubuh. Cairan tape dan tape ketan diketahui mengandung bakteri asam laktat sebanyak ± satu juta per mililiter atau gramnya. Produk fermentasi ini diyakini dapat memberikan efek menyehatkan tubuh, terutama sistem pencernaan, karena meningkatkan jumlah bakteri dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat. Kelebihan lain dari tape adalah kemampuannya mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari tubuh. Aflaktosin merupakan zat toksik atau racun yang dihasilkan oleh kapang, terutama Aspergillus flavus. Toksik ini banyak kita jumpai dalam kebutuhan pangan sehari-hari, seperti kecap. Konsumsi tape dalam batas normal diharapkan dapat mereduksi aflatoksin tersebut.Di beberapa negara tropis yang mengonsumsi singkong sebagai karbohidrat utama, penduduknya rentan menderita anemia. Hal ini dikarenakan singkong mengandung sianida yang bersifat toksik dalam tubuh manusia. Konsumsi tape dapat mencegah terjadinya anemia karena mikroorganisme yang berperan dalam fermentasinya mampu menghasilkan vitamin B12.”


Wah...ternyata tape banyak manfaatnya yah..hehe...jd makin suka neh makan tape..asal jangan berlebihan tentunya hehehe..:D
Dan tape yang berwarna kuning juga mengandung Vitamin A lebih banyak daripada yg putih...jd utamakan tape yg berwarna kuning..:)




4 komentar:

  1. Ass wr wb dalam tulisan tsb apa ada efek samping bila kita terlalu sering mengkonsumsi wedang tape

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek samping nya rasa haus yang tadinya melanda jadi sirna

      Hapus
  2. Ass wr wb dalam tulisan tsb apa ada efek samping bila kita terlalu sering mengkonsumsi wedang tape

    BalasHapus
  3. Saya suka sekali bikin wedang tape.hbs mengkonsumsi wedang tape sendi" d kaki yg tadi linu dan pegal" jd hilang semua.

    BalasHapus