Senin, 28 Februari 2011

Prunes Brownies

Kebetulan lagi punya manisan prunes...dan inget kl Bunda Ricke pernah posting resep bromwnies  yg menggunakan prunes sebagai isiannya, dan sudah lama juga tidak  pernah bikinb brownies panggang..keseringan bikin brokus hehehe.... rasanya enak dan legit, ada sensasi segar dr buah prunesnya..
Buat temen2 yg pengen nyobain bikin..silahkan dicoba resepnya, sy copas dr Bunda Ricke...ijin copas ya Bund..:)

Prunes Brownies
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
100 gram terigu protein sedang/all purpose
20 gram coklat bubuk (aku pakai Tulip Bordeaux)
1/2 sdt baking powder
3 butir telur ukuran besar
150 gram gula pasir butiran halus (gula kastor)
1/4 sdt garam
1 sdt essence vanilla
200 gram dark cooking chocolate, cincang kecil-kecil
200 gram mentega tawar (unsalted butter), klo mau pake margarin boleh aja agak sedikit beda di rasanya aja, rekomendasiku margarin merk Margarita
Manisan buah prunes secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20x4 cm, oles mentega, lapisi dengan kertas roti (lebihkan sekitar 1 cm dari tinggi loyang untuk mengeluarkan brownies). Oles lagi dengan mentega. Sisihkan. Panaskan oven 180'C atau sesuaian dengan oven masing-masing.
2. Lelehkan mentega, masukkan coklat cincang. Aduk rata hingga tercampur rata dan coklat meleleh. ANgkat. Dinginkan. Sisihkan.
3. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan garam cukup hingga telur mengembang dan gula larut. Tidak perlu sampai kental kayak mau bikin cake.
5. Masukkan campuran mentega dan coklat ke dalam kocokan telur, sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga rata.
6. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata.
7. Tuang 1/2 bagian adonan ke loyang, tata buah prunes. Tuang kembali sisa adonan, tata kembali buah prunes di permukaannya.
8. Panggang hingga matang, permukaan brownies sudah kering, ditest tusuk sudah bersih dan disentuh bagian tengahnya sudah kokoh jadi tidak amblas bagian tengahnya ketika keluar oven.
9. Keluarkan dari oven, biarkan dalam loyang selama 15-30 menit. Keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat kertas rotinya perlahan. Dinginkan di atas rak kawat. Potong-potong. Sajikan.

Happy baking! ^__^


Berikut adalah manisan buah prunes dalam kemasan, ada pula yg timbangan, bisa beli di TBK atau di supermarket besar.....
Nah..berikut adalah penampakan dari Buah Prunes...
Buah prunes itu adalah sejenis manisan seperti kismis tapi ukurannya jauh lebih besar dari kismis, terbuat dari buah plum yang dikeringkan (dried plum). Yang digunakan adalah pitted prunes (prunes tanpa biji). Biasanya dipakai dalam Lapis Legit atau Lapis Surabaya Special, jd ditata di lapisannya..:)

Buah prunes banyak manfaatnya loh..berikut yg sy copas dr khasiatbuah.com....
Plum atau prune mengandung ferulid acid yang memiliki senyawa antikanker. Menurut penelitian, apabila zat ini banyak dikonsumsi, maka dapat membantu menurunkan resiko kanker usus. Buah ini juga mengandung hydroxycinnamate, antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL. Bersama dengan berbagai serat yang dikandungnya, buah plum dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.
Selain itu, buah plum mengandung borron, sejenis mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga mengkonsumsi 10 – 12 buah plum yang dikeringkan per hari dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang dan mengurangi resiko ostheoporosis. Sebagai tambahan, buah ini banyak mengandung serat dan potasium. ( Khasiat buah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar