Jumat, 14 Desember 2012

Penggunaan Foto Tanpa Ijin oleh Tabloid Koki

Ketika pertama kali mendapat kabar dari teman2 LBTers di Grup FB Baking Bersama LBT tentang adanya foto saya di atas di lembar belakang sendiri Tabloid Koki Edisi 240.8-21November 2012 yang digunakan sebagai foto Promosi acara Home Industri Class Manado.....Jujur kaget..karena TIDAK ADA dari pihak KOKI menghubungi saya untuk minta ijin menggunakan foto yang pernah saya upload disini...terlebih fotonya dipakai untuk tujuan KOMERSIL....

Saya sudah menyampai kan pemberitahuan saya tentang masalah ini ke pihak KOKI, lewat SMS pengaduan dan lewat Email...termasuk menyertakan foto saya yang sudah digunakan mereka...
Beberapa hari kemudian memang ada balasan dari pihak redaksi, katanya bagian event yang bernama Pak  Totok yang kebetulan posisinya di mojokerto akan menemui saya...memang akhirnya Pak Totok sendiri yang menelepon saya dan minta maaf karena dia tidak tau kalau bagian grafis mengambil foto orang di internet dan tidak memberitahukan kepada beliau... akhirnya bbrp hari kemudian Pak Totok kerumah sy setelah berulang kali janji mau kerumah, dan setelah berulang kali saya sms dan email....>,<
Beliau meminta maaf kepada saya dan berjanji akan meneruskan kebagian redaksi...diantaranya sy minta agar adanya permintaan maaf tertulis dr tabloid koki yang di muat di tabloid itu juga tentang penggunaan foto saya tanpa ijin ...namun apa yang saya harapkan ternyata kosong belaka... Tidak ada tanggapan langsung dari pihak Redaksi kepada saya..bahkan opsion yg saya dapatkan hanya undangan gratis untuk acara masak KOKI tgl 15 dan 25 di Surabaya..undangan itupun juga sy dapatkan lewat email dan sms dr Pak Totok...
Rasanya seperti LEPAS TANGGUNG JAWAB....betul banget tulisan Mbak Mae *DapurMae* yang saya baca disini kesadaran untuk Menghargai karya orang lain itu kurang sekali...terlebih ketika menggunakan foto tanpa ijin untuk kepentingan komersil.....:(:( Terlebih foto itu sudah ada  watermark saya dan di crop sedemikian rupa..tanpa menyertakan keterangan kalau foto itu adalah milik saya....

Saya rasa teman2 FOOD BLOGGER maupun temen2 GRUP Baking di FB sepakat dengan saya.... Untuk menghasilkan satu buah foto itu diperlukan perjuangan juga, dari membuat, menyiapkan, memotret berpuluh kali,  dan kemudian memilih satu atau dua dari puluhan foto lalu mengedit..dan semuanya dilakukan di sela sela waktu kita mengurus rumah tangga..terlebih banyak juga yg seperti saya Ibu rumah tangga dengan 3 orang anak dan tanpa asisten pula...lalu tau2 foto tersebut digunakan orang lain tanpa ijin dan untuk tujuan komersil...gimana tuh perasaannya.....apalagi ternyata seperti berkesan tidak ada tanggung jawab yang berarti....T_T



5 komentar:

  1. Assalamualaikum,

    Mbaaak, ikut prihatin yaaa. I know exactly how you feel. Walaupun gak pernah diambil sama majalah tapi ada blog yang ngopi abis isi blogku dan mentah mentah (masih dgn watermarknya) dipajang di blognya yang notabene banyak artikel dan iklan yang gak pantas hanya tuk cari uang. Aku dah laporin ke google langsung di hapus dari blognya tapi abis itu nggak berapa lama ngambil lagi postingan yang lama padahal udah kusetting disable klik kanan dan disable highlight. Seakan akan ngejek...nggak ada gunanya aku lapor google krn dia lebih pandai. hiks

    Semoga suatu saat mereka sadar bahwa perbuatannya itu sama saja dengan mencuri *peluuk*

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam Wr Wb

    Makasih banyak supportnya Mbak Hesti #big hug#
    Huaaa...baca cerita pean malah makin parah itu Mbak...T_T....

    Aamiin...semoga ya Mbak...

    BalasHapus
  3. turut prihatin mba, yg sabar ya.... Allah pasti punya rencana di balik semua ini, dan itu pasti baik untuk mba Dida

    sekalian minta izin untuk yg lalu dan nanti, mungkin telah dan akan copas bbrp resep / tips dr blog ini, tp insya Allah link ke sini selalu di lampirkan, untuk membantu teman2 d grup, semoga berkenan ya mba. Jazaakillaahi khayran

    dari hape masih bs d copas lho mba, tapi kalo tidak di izinkan ,ya gpp, sekalian minta maaf karena sebelumnya blm sempat minta izin, sekali lagi mohon di maafkan

    BalasHapus
  4. @ Ummu Musasir Jr.... Aamiin...makasih Ummu....*peluuuk*
    Iya gpp kok Ummu...alhamdulillah kalau bermanfaat saya seneng banget ...:)

    BalasHapus
  5. bener Mbak...
    pencurian foto tidak hanya diderita oleh food blogger.
    blogger blogger biasa macam saya, juga pernah menjadi korban.
    malah ada teman blogger saya, yang tinggal di amerika, foto anaknya berkali kali dicuri. pernah dicuri oleh surat kabar di kalimantan... lalu dicuri oleh satu merk susu formula terkenal untuk kepentingan komersil... pernah juga dicuri oleh salah satu brand kue di jakarta... lalu merk pakaian anak anak juga... banyak deh. Dia sampai geleng geleng kepala...

    BalasHapus