Kamis, 20 Agustus 2015

Pumkin Bread



Bismillahirrahmanirrahim....

Alhamdulillah mulai semangat ngeblog lagi, semoga semangatnya tetep membara untuk ngeblog hihihi... 
Karena seringnya mood ngeblog  timbul tenggelam di tengah kesibukan baking dan mengurus rumah. Oke balik lagi tentang resep yang kali ini saya tulis, Pumkin Bread atau Roti Labu. Dirmah suka bangeet yang namanya rerotian, namun saya males banget bikin roti karena harus nguleni lama heuheuheu.. Maklum mixer roti masih dalam mimpi hihihi... kebetulan waktu itu lagi punya stok labu, biasanya dibikin kolak labu atau talam labu saja. Namun karena sudah lama pengen coba resep roti labu maka segeralah di eksekusi itu labu, daripada tar sok mulu..hehehe...


 

Selain rasanya yang enak, labu kuning banyak sekali khasiatnya, karena mengandung vitamin A,C dan zinc juga kaya akan beta karoten dan anti oksidan untuk mencegah radikal bebas. kalau lihat manfaatnya yang banyak untuk kesehanan jadi ngga ragu ragu kalau sering bikin olahan labu. 
Resep pumpkin bread ini saya dapat dari buku primarasa , namun kemudian saya modifikasi lagi menurut adanya bahan dan selera orang rumah. 

Berikut resepnya yaa..
Cheese Pumpkin Bread 
Sumber Primarasa modified by Mama Itara 
Bahan :
500gr tepung protein tinggi
100gr tepung protein sedang 
2 1/4 sdt ragi instan
150gr gula pasir
45gr susu bubuk
1 butir telur
2kuning telur
150ml susu cair
375gr labu kuning, kukus, haluskan
1 sdt garam
115gr mentega

Olesan dan taburan
2kuning telur, campur dg 3sdm susu cair
2sdm gula pasir kasar untuk taburan
Keju parut secukupnya 
2sdm mentega untuk olesan

Cara membuat: 

*Taruh tepung, ragi,gula dan susu bubuk ke dalam mangkuk, aduk rata. Kocok telur, campur ke dalam susu cair, aduk rata
* Masukkan labu halus dan campuran telur ,susu ke dalam campuran tepung. Uleni hingga rata, tambah garam dan mentega, uleni diatas meja bertabur tepung hingga kalis.
* Bulatkan adonan, taruh di mangkuk. Tutup adonan dg plastik, diamkan -/+30menit
* Kempiskan adonan , potong dan timbang adonan kurleb 50-55gr , susun di loyang yang sudah di oles mentega, biarkan 30menit atau sampai mengemvang, olesi dengan bahan olesan dan tabur gula lalu keju, satu resep jadi 2loyang ukuran 22. Panggang hingga matang, panas panas lalu poles butter . Happy baking..


Walaupun nguleninya tidak sampai elastis banget tapi rotinya lembuut dan empuuk...Alhamdulillah, semua sukaaa. ini jadi bakal roti paporit di rumah hehehe....













2 komentar: