Minggu, 24 Maret 2013

LBT #22 Homemade Puff Pastry

Wah...PR ke 22...ngga terasa sekali yaa...:D
Dan PR kali inilah yang menguras tenaga dan pikiranku...heuheuheu....lebay yaa...:D
Gimana tidak....duluuuuu banget pernah bikin puff pasty tapi gagal dan ngga sempet nyoba lagi hehehe... Dan ketika Ibu Hist Diah Raki memberikan PR ini jujur rada deg dega"an..takut gagal...Tapi kudu berhasil bikinnya... Nah waktu bikin pun sudah semangat 45 supaya bisa berhasil...semua step by stepnya sudah terdokumentasikan dengan baik...hasilnya juga memuaskan...seneng bangeeet...tapiiiii....yang bikin nangis guling guling adalah ketika mau mengedit fotonya...ternyata memorinya error ...>,< fotonya ngga bisa terbaca dan terselamatkan...udah pupus sudah harapanku...hiks..

Akhirnya bikin lagi dengan buru buru....semua selesai jam 7 malam...fotonya pun seadanya...dan bikinnya tidak sama dngan yang awal saya bikin....yang penting legaa sudah bisa setor PR kali ini...walau mungkin hasilnya kurang sempurna...next mau coba bikin lagi deh...

Balik lagi ke puff pastry.... Puff Pastry adalah.Pastry yang mengandung banyak lemak / mentega dan berlapis lapis , dimana setiap lapisnya begitu tipis , crispy dan sangat rapuh, menjadikan pastry ini begitu ringan karena banyak berisi udara. Point penting yang dibutuhkan untuk membuat puff pastry adalah menyisipkan mentega dan udara sebanyak mungkin ke dalam tepung saat adonan diolah dengan cara menggilas, menekuk dan mendinginkannya tanpa bekerja berlebihan pada adonan. Terlalu banyak menggilas dan menarik adonan akan membuatnya elastis , sehingga pastry menjadi bantat, kurang berlapis lapis. Proses mendinginkan adonan juga sangat penting, karena jika mentega mencair maka akan berubah menjadi minyak dan meresap ke dalam tepunh\g yang mejadi penyebab pastry tidak berlapis.
Untuk pastrynya saya menggunakan resep Ibu Sisca Soewitomo yang nyontek dari blognya Mbak Fifi..hehehe...


 Adonan Puff Pastry

Bahan :
500gr tepung protein tinggi
1btr telur
1/2sdt garam
200gr air
50gr margarine (pake unsalted butter)
200gr lemak lipat/korsvet (pake merk buillon)

Cara membuat :
 
 1. Campur tepung terigu, garam, telur dan air aduk dan uleni hingga kalis. Istirahatkan selama 15 menit
2. Pipihkan adonan hingga setebal 1cm dan bentuk menjadi segiempat panjang
3. Beri tanda menjadi 3 bagian pada adonan. Tata irisan lemak lipat pd 2/3 bagian adonan. Sepertiga bagian    yang tidak terkena lemak dilipat kearah yang berlemak dan tutup dengan bagian yang berlemak sehingga adonan menjadi menutupi. Ini disebut lipatan satu-tiga.
4. Taruh adonan dalam lemari pendingin, diamkan selama 10 menit. Kemudian keluarkan dan giling menjadi lipatan satu-tiga kembali dan istirahatkan selama 10 menit. Lakukan hal ini sampai 3 kali.
5. Setelah 3 kali dilipat, pipihkan kembali adonan dan lipat menjadi lipatan satu-dua. Artinya, setelah dipipihkan, lipat adonan menjadi satu. Diamkan selama 30 menit dlm lemari es.
6. Setelah 30 menit diistirahatkan, adonan siap dibentuk. Pipihkan adonan terlebih dahulu (0,5cm) dan potong menurut selera. 


Nah...untuk isian Zoupa Soupnya saya menggunakan Cream Soup Instan yang saya tambahin jagung manis dan sosis didalamnya...^^

1 komentar: