Minggu, 27 Februari 2011

Cheddar Chesse Cake

CCC

Ini adalah CCC kedua yg sy bikin..:) dengan topping, dan hiasan seadanya dan tidak rapi..:( krn td hampir aja jatuh..gara2 di goda si kecil...jdnya bagian pinggir rada cuil2 deh..untungnya buat di makan sendiri hehehe... Difoto bagian atasnya tampak kuning, padahal kecoklatan..efek lampu krn motretnya udah malem

Kali ini pake nyoba pake loyang tanpa sambungan ukuran 22, dg topping BC dicampur dg selai stroberry homemade dan sedikit hiasan WCC rasa stroberry juga...

Rasanya sudah tidak diragukan lg...enyaaaakkk..^^

by Ci Shirley ( Dapur Solia ) Ijin Copy resepnya yaa..

Bahan-bahan untuk CCC :

Bahan I:

200 ml Susu UHT cair
60 gram Butter (unsalted)
180 gram Cheddar cheese

Bahan II:

30 gram Tepung terigu
25 gram Maizena
3 buah Kuning telur ( Sy 5 butir )
1-2 sdt Air jeruk (kalau saya memakai jeruk lemon)
sy tambahkan 1 sdt parutan kulit jeruk lemon

Bahan III:

5 buah Putih telur
120 gram Gula pasir (catatan : bila kurang suka asin boleh ditambahkan gula lagi, soalnya punyaku rasa asin, berasa banget asin dari keju cheddarnya. Untung dihias dengan whipcream jadi mendingan asinnya)
1/3 sdt Cream of tar-tar ( sy ga pake ) saya tambahin 1 sdt air jeruk lemon

Bahan IV:

1 sdm selai aprikot
2 sdm air matang
Whip Cream
Buah2an : strawberry / peach / orange/ kiwi, sesuai selera
Sy pk BC special dg campuran selai stroberry homemade

Cara membuat:

*Siapkan loyang 22 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).

*Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah dipotong2 kecil (Bahan I) dalam panci kecil, lalu letakkan di panci tim yang sudah berisi air panas agak banyak. Tutup panci tim dengan lap bersih yang kering. Nyalakan api selama 2-3 menit, lalu matikan api. Biarkan panci tertutup selama 5 menit. Buka panci, aduk-aduk adonan krim hingga rata.

*Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160 °C. Jika Anda menggunakan otang tidak punya termometer, nyalakan api kecil saja, asal api birunya menyentuh dasar oven.

*Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga 'soft peak' saja (jangan sampai terlalu kaku). Masukkan kocokan ini ke adonan.
*Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih / bergolak, cukup sampai ada gelembung2 kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya. Pemanggangan dengan cara au bain marie.

*Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.
Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini lembuuut sekali.

*Penyelesaian: hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah-buahan, krim kocok, atau hiasan lain sesuai selera.


Nah..ini penampakan CCC sebelum di hias....^_*






Nah...ini penampakan CCC yg pertama kali saya buat dulu..dg topping selai blueberry di atasnya.... sepotong ngga akan cukup..:)

1 komentar:

  1. Mama itara salam kenal, saya dewi dr tgr. Mau tanya apa indikasi ccc sdh matang dg sempurna? Luarnya sih kering tp dalamnya itu saya agak ragu, tp ngembang sih ngga turun bgt pas dah dingin. Gmn ya? Minta sarannya mama itara. Makasih ^-^

    BalasHapus