Jumat, 21 September 2012

LBT #15 Brandy Snaps

Huaaaahhh.....senengnyaaa bisa update blog lagi...kudu mulai beberes neh kayanya....setelah beberapa bulan vakum karena sakit dan sibuk karena pindahan rumah dan beberes tiada akhir #lebay# akhirnya bisa update blog jugaa..:D

Kangen banget ama blogku ini....terlebih karena selama vakum dapet bbrp temanjuga customer iTaRa Cakes di kota Mojokerto dan juga luar kota yg akhirnya menjadi pelanggan setia karena membuka blog saya...:) Alhamdulillah.....

Nah...balik ke tema tantangan LBT bbrp bulan yang lalu yah...yaitu Brandy Snaps...
Tantangan kali ini saya bikin setelah sekitar sebulan off dr baking karena sakit..

PR LBT #15 kali ini..waktu pertama kali baca namanya sempet bingung..krn sama sekali belum pernah tau atau dengar...tp setelah di cermati membuatnya tidak begitu susah kalau bener2 tau triknya....:) berikut ttg apa itu Brandy Snaps yg sy copy dr dokumen grup Brandy Snaps adalah salah satu dessert dari negara Inggris, Irlandia, Australia dan New Zeland. Di negara Perancis disebut juga Gâteaux Croquant à la Crème.

Terbuat dari gula, butter, golden syrup , tepung, jahe bubuk, dan cream. Sesuai dengan namanya tentu kue ini bisa juga TIDAK menggunakan minuman Brandy yang mengandung alkohol. Di beberapa link / blog resep-resepnya tidak menggunakan Brandy.Berikut resepnya yg di share di grup jika ingin mencobanya....:)

Brandy Snaps
Mary Berry 

Bahan : 
50 g Butter
50 g Gula
50 g Golden Syrup
50 g Plain Flour ( Tepung serba guna )
1/2 sdt Jahe bubuk

Caranya :
1. Panaskan Oven 160°C. Alasi loyang dengan baking parchment ( Slipat).
2. Timbang butter, gula dan golden syrup, masukkan kedalam panci dan taruh diatas api kecil. Secara perlahan di aduk terus hingga gula meleleh dan tercampur rata. Angkat dan diamkan sebentar.
3. Ayak tepung dan jahe bubuk, masukkan langsung ke dalam panci, aduk sebentar hingga tercampur rata.
4. Sendokkan secukupnya adonan ke atas baking parchment / kertas roti.
5. Panggang sekitar 6 - 8 menit, hingga adonan berwarna kecokelatan. Angkat dari Oven dan diamkan hangat, angkat menggunakan pisau tipis, balikan.
6. Gulung di atas pegangan sendok kayu yang sudah di olesi tipits mentega atau minyak. Diamkan di dalam suhu ruangan hingga adonan dingin. ( Bentuk sesuai selera )
6. Siap di beri isi dengan whipped cream atau lainnya sesuai selera.

Tips :
1.Jangan dilelehkan di atas api besar dan terlalu lama di aduk hingga adonan menjadi keras ( mengkristal )
2. Golden syrup dapat di ganti dengan madu atau maple sirup atau simple sirup atau glucose.
3. Bubuk jahe dapat di skip atau di ganti dengan kayu manis atau lainnya sesuai selera
4. Jika tidak ada baking parchment atau Slipat gunakan loyang anti lengket, bisa juga gunakan loyang biasa yang dioles tipis dengan mentega atau minyak kelapa.
5. Saat menggulung jangan menunggu kue dingin karena akan susah saat menggulungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar