Jumat, 30 September 2011

My Birthday Cake


My Birthday Cake

hehehe...telaaat banget yah kuenya...tapi masih bulan september jd gpp kaaaannn...hehe..^_^
Kebetulan bikin kuenya menunggu moment special keluarga..biar makin semarak kali ini say bikin Cheddar Cheese Cake dengan topping buah-buahan...

Resep aslinya dari sini...disini

Namun saya konversi 2 kali lipat karena saya menggunakan loyang ukuran 22..supaya lebih puasss makannya..^_^

Nah yang mau bikin juga..monggooo...resepnya sudah pernah saya posting namun sy tulis lg yah..:)
Cheddar Cheese Cake untuk loyang ukuran 22

 
Resep Chesse Cake ( Cheddar Cheese Cake )

Bahan I:
260 gram susu cair (UHT atau fresh)
80 gram unsalted butter
250 gram cheddar cheese

Bahan II:
40 gram tepung terigu protein sedang
30 gram tepung maizena
6 kuning telur
1 sdt parutan kulit jeruk lemon

Bahan III:
6 putih telur
160 gram gula pasir
2,5 sdt air jeruk lemon

Bahan IV (hiasan):

Selai strawberry dan buah2an..atau sesuai selera

Cara membuat :

# Siapkan loyang 22 cm,olesi dengan mentega,lapisi dengan kertas roti,olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil,pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman,isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).
# Campur mentega,susu cair,dan keju cheddar yang sudah diparut (Bahan I) dalam panci kecil,panaskan di atas api sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya krim tidak sampai gosong. Jika perlu,matikan api sementara krim diaduk-aduk.
#Dalam keadaan krim masih hangat,ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan parutan kulit jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
#Masukkan loyang berisi air ke oven,nyalakan oven dengan suhu 160°C.
#Kocok putih telur,gula pasir dan air jeruk lemon hingga ‘soft peak’saja. Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
#Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih/bergolak,cukup sampai ada gelembung-gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.
#Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang,bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang,permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.
#Dalam keadaan hangat,langsung balik adonan. Supaya tidak lengket,gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya,karena cheese cake ini lembuuut sekali.
#Penyelesaian:hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai,hias dengan buah-buahan sesuai selera.

Recipe:Elly (Aljos Mom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar